Tradeoff Antara Efisiensi dan Keadilan

 

Efisiensi dan keadilan adalah dua hal yang dapat saling bersinergi namun juga dapat saling bertentangan yang menyebabkan tradeoff antara kedua hal tersebut. Sebelum dibahas lebih lanjut mengenai tradeoff antara efisiensi dan keadilan akan dipaparkan terlebih dahulu definisi efisiensi dan keadilan.

Efisiensi, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah penggunaan sumber daya secara minimum guna pencapaian hasil yang optimum. Sedangkan efisien adalah tepat atau sesuai untuk mengerjakan (menghasilkan) sesuatu (dengan tidak membuang-buang waktu, tenaga, biaya),  mampu menjalankan tugas dengan tepat dan cermat,  berdaya guna, bertepat guna. Sebuah perusahaan dapat dikatakan efisien apabila perusahaan tersebut mampu menghasilkan output (hasil) semaksimal mungkin baik dari segi kualitas maupun kuantitas dengan input (sumber daya) yang seminimal mungkin baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Sedangkan keadilan menurut KBBI adalah sifat perbuatan perlakuan yang adil. Keadilan yang tepat bukanlah setiap pihak mendapatkan bagian yang sama persis tetapi setiap pihak mendapatkan bagian sesuai porsinya, sesuai hak yang pantas diperoleh atau sesuai kebutuhannya.

Dalam prinsip ekonomi, efisiensi dan keadilan ini harus sama-sama diterapkan. Namun dalam beberapa kasus akan terjadi dilema (tradeoff) antara efisiensi dan keadilan. Tradeoff ini terjadi karena dalam kasus tertentu efisiensi tidak dapat dicapai jika keadilan juga harus dicapai dan begitu pula sebaliknya. Contohnya adalah kebijakan upah minimun yang dimaksudkan untuk mencapai keadilan dengan memeratakan penghasilan. Kebijakan ini memang berhasil mencapai keadilan tetapi gagal mencapai efisiensi karena penggunaan sumber daya keuangan menjadi terpakai dengan tidak efisien karena pengeluaran bertambah.

Dalam kasus-kasus seperti ini lah diperlukan pengambilan kebijakan yang tepat. Memang harus ada yang dikorbankan dan itu lah gunanya kebijakan. Dalam suatu kasus mungkin efisiensi yang dikorbankan, dan dalam kasus yang lain keadilan yang harus dikorbankan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s